Cara Checksum di Windows untuk Mengetahui Integritas File - Badrus Sulaiman | Pendidikan, Teknologi Komputer dan Informatika

Sabtu, 26 Oktober 2019

Cara Checksum di Windows untuk Mengetahui Integritas File

Sebelum mengeksekusi sebuah file sebaiknya kita perlu memeriksa checksum-nya. Agar kita tau apakah file yang kita eksekusi integritasnya benar-benar terjaga.

Checksum di Windows


Bisa jadi file yang akan kita eksekusi ini corrupt atau ada data yang kurang di dalamnya karena lamanya proses transfer saat download atau karena proses copy-paste yang kurang sempurna. Bisa juga data malah bertambah karena disisipi program jahat.


Prasyarat


Untuk percobaan ini saya menggunakan Windows 10 Profesional. Jika Anda menggunakan Windows versi lain seperti Windows 7 juga masih bisa. Jika ada ketidakcocokan atau kendala sampaikan di komentar.

Siapkan file yang akan diperiksa checksumnya dan file hash yang sebagai acuan. Disini saya menggunakan hasil download Debian 9.6 sebagai contoh. Hash yang saya jadikan acuan terdapat pada file SHA256SUMS.

Debian 9.6 DVD files

Isi dari file SHA256SUMS adalah seperti pada gambar di bawah ini.



Menggunakan PowerShell


Silahkan buka File Explorer lalu buka PowerShell pada direktori yang terdapat file yang akan kita cek integritasnya. Caranya di File Explorer buka menu File > Open Windows Power Shell > Open Windows Power Shell.

Open Windows PowerShell

Perintah PowerShell seperti berikut.
Get-FileHash .\debian-9.6.0-amd64-DVD-1.iso -Algorithm SHA256


Maka hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Get-FileHash PowerShell Windows 10


Jika Anda tidak berada di lokasi yang sama dengan file yang akan diperiksa, tambahkan parameter -Path dan tulis path-nya secara lengkap.
Get-FileHash -Path 'D:\BADRUS SULAIMAN\Download\debian 9.6\debian-9.6.0-amd64-DVD-1.iso' -Algorithm SHA256


Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Get-FileHash PowerShell Windows 10


Silahkan copy hasil Hash yang muncul dan bandingkan dengan hash yang dijadikan acuan. Dalam hal ini yang saya jadikan acuan adalah Hash yang berada di dalam file SHA256SUMS tadi. Jika hasilnya berbeda, maka file tersebut tidak sama atau sudah tidak asli lagi, bisa jadi corrupt atau bertambah.

Jika Anda menginginkan petunjuk pengoperasian yang lebih lengkap mengenai penggunaan perintah Get-FileHash, silahkan menuju ke halaman ini : link


Menggunakan Command Prompt


Kalau tidak ada PowerShell, bisa juga menggunakan command prompt. Perintah yang digunakan :
certUtil -hashfile pathToFileToCheck [HashAlgorithm]


Jika Anda sudah berada di direktori file yang akan dicek, maka perintahnya :
certutil -hashfile debian-9.6.0-amd64-DVD-1.iso SHA256


Namun hasil hashnya akan ada spasinya. Kalau ingin tanpa spasi pake PowerShell aja. Perintahnya :
(Certutil -hashfile debian-9.6.0-amd64-DVD-1.iso SHA256)[1] -replace " ",""


Menggunakan Software Lain


Jika Anda kurang suka dengan cara di atas, sebenarnya ada beberapa software yang dapat Anda gunakan seperti HashGenerator, HashTab, dan HashMyFiles. Silahkan langsung saja download dan install. Khusus untuk HashTab nanti akan muncul tab tambahan ketika Anda properties file yang ingin di cek.


Kesimpulan

Sebenarnya Windows sudah memberikan fasilitas bawaan untuk memeriksa checksum ini. Namun jika Anda menginginkan yang ada GUI-nya silahkan install software yang saya jelaskan di atas.

Silahkan bertanya di kolom komentar jika masih bingung ya...
jika bermanfaat, silahkan share it...

text share it
Comments


EmoticonEmoticon