Manfaat Menggunakan Google Drive - Badrus Sulaiman | Pendidikan, Teknologi Komputer dan Informatika

Jumat, 20 Desember 2019

Manfaat Menggunakan Google Drive

Mungkin sebagian besar orang sudah tau apa itu Google Drive. Namun sampai saat ini saya menjumpai masih banyak orang yang belum memanfaatkannya secara maksimal mengenai layanan Google yang satu ini.

cloud storage illustration
Image by Mudassar Iqbal from Pixabay

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari Google Drive. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan yang saya jumpai di kehidupan sehari-hari.


1. Lupa Membawa Flashdisk: Tidak Masalah!

Sebelum saya mengenal Google Drive, saya menyimpan beberapa file yang seringkali digunakan di flashdisk atau smartphone. Karenanya flashdisk akan dibawa kemana-mana. Begitu juga dengan smartphone.

Sampai-sampai dulu ngetren mengenakan kalung flashdisk. Malah ada yang kalungan harddisk. Hahaha

Jika flashdisk hilang atau lupa dimana menaruhnya, maka file tetap dapat kita akses asalkan ada koneksi internet.

Koneksi internet saya rasa tidak ada masalah selama kita masih memiliki paket internet. Ketika diminta untuk menyetorkan file misalnya, saya cukup membuka smartphone/laptop lalu mengakses file tersebut dan mengirimkannya. BISA FAST RESPONSE!

2. Flashdisk Terkena Virus/Ransomware : Tidak Masalah!



ransomware
Photo by Michael Geiger on Unsplash

Flashdisk yang seringkali berpindah-pindah tempat memang rentan terkena virus atau malware. Saat artikel ini ditulis, yang banyak terjadi adalah terkena ransomware.

Ransomware merupakan malware yang mengenkripsi file atau komputer kita. Kalau sudah terkena ini, kita diharuskan menebusnya agar dapat membuka file/komputer kita kembali. Nominalnya bisa fantastis, dan tidak ada jaminan setelah membayar akan bisa kembali seperti sedia kala.

Jika Anda tidak ingin menebusnya, maka waktu yang dibutuhkan untuk mendecrypt dapat mencapai ratusan tahun. Jadi sebaiknya kita berhati-hati saja.

Flashdisk yang sudah terinfeksi dapat menjadi media penyebaran ke devices lain. Jadi sangat rentan jika Anda menyimpan file-file penting hanya pada flashdisk

Lalu bagaimana?

Menyimpan file di Google Drive cenderung lebih aman daripada di flashdisk. Meskipun tetap ada celah atau kemungkinan terinfeksi. Terutama jika Anda menggunakan fasilitas backup and sync dari Google. 

Kita harus waspada dan segera pause proses sinkronisasi atau putuskan koneksi ketika Anda mengetahui ada file yang terinfeksi. Menurut saya ini lebih aman daripada di flashdisk, karena proses infeksi lebih lama sehingga dapat kita putus prosesnya.

Lebih aman lagi jika Anda hanya menggunakan Google Drive sebagai backup. Data hanya akan terupload ketika Anda melakukan upload. Tidak menggunakan backup and sync yang secara otomatis mengupload perubahan data.

Jika Anda menggunakan dengan cara seperti itu, maka data akan aman dari ancaman virus/ransomware. Asalkan Anda mengupload data yang sehat lho ya. Ya... tidak ada yang benar-benar aman, tapi setidaknya ini lebih aman.


3. Flashdisk/ Harddisk Rusak : Tidak Masalah!

broken harddisk
Photo by Markus Spiske on Unsplash

Karena kita sudah menaruh data kita di cloud, jadi tidak masalah jika flashdisk/harddisk kita rusak atau hilang. Tinggal download saja di cloud, selesai.

Ini peringatan juga bagi Anda yang suka menyimpan file-file penting hanya di flashdisk. Mungkin Anda beranggapan : 

"Ini sudah super aman, flashdisk ini tidak akan saya tancapkan dimanapun kecuali di perangkat milik saya sendiri. Saya hanya menggunakannya jika saya membutuhkan saja."

Eits, flashdisk itu ada umurnya lho ya. Umurnya itu berdasarkan kemampuan chip atau IC-nya itu di tulisi dan dihapus. Namanya write cycle. Semakin sering ditulisi dan dihapus, maka umurnya semakin pendek.

Selain rusak karena umur kita juga tidak tau kedepan flashdisk kita rusak misal terkena air, jatuh atau bahkan mungkin hilang. Jadi lebih aman Anda menyimpannya di Google Drive. Data Anda akan hilang jika Anda menghapusnya atau Google bermasalah sehingga seluruh data hilang semua. 

Perlu Anda ketahui Google memiliki server yang menyimpan seluruh data kita di berbagai negara. Tidak hanya satu tempat. Mungkin kiamat kali ya yang seluruh tempat rusak sehingga semua server Google juga rusak.

4. HP rusak atau flash : Tidak Masalah!

hp rusak
Photo by kalpesh patel on Unsplash

Ini peringatan untuk yang suka menyimpan file di smartphone. Saya dulu juga pernah begitu. Tapi risih karena data di smartphone menjadi buanyak dan ketika smartphone rusak atau kita flash data bisa hilang.

Untung saya simpan di cloud, jadi foto-foto kenangan indah masih bisa diakses asalkan ada koneksi internet. Enggak percaya? Nanti kalau Anda udah kehilangan baru tau rasanya...

5. Membutuhkan File Penting Saat Bepergian : OK!


Ini yang saya suka. Kadang pas liburan ada saja yang meminta file-file pekerjaan. Apa iya kita selalu membawa laptop atau harddisk atau flashdisk? 

Nah dengan menyimpan file di cloud, saya dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun asal ada koneksi internet. Tinggal share... enak kan?

Saya pernah berada di kota lain dan disaat itu saya diminta untuk mengirimkan file. Saya tidak perlu pusing membuka laptop, cukup gunakan smartphone, cari filenya di Google Drive, share, selesai.

6. Bekerja di Beberapa Komputer/Laptop : Bisa dong!

Membuka Google Drive
Designed by Tomasz_Tuz / Freepik

Ini yang paling saya suka. Dengan memanfaatkan backup and sync dari Google yang menyingkronkan data kita di komputer lokal dengan di cloud, saya dapat menggunakan beberapa perangkat yang berbeda namun datanya sama.

Saya bekerja di kantor menggunakan beberapa PC dan laptop. Saya pun berpindah-pindah, tidak menetap di satu tempat. Hari ini di Lab 1, besok di Lab 2, besoknya lagi di ruang BKK.

Dengan kondisi seperti itu, saya tidak memerlukan flashdisk atau harddisk eksternal untuk menyimpan file saya. Saya cukup install di perangkat yang sering saya gunakan backup and sync dari Google dan memilih file-file mana saja yang perlu saya sinkronkan.

Ketika saya menyimpan dokumen di lab 1, maka dokumen tersebut juga akan muncul di komputer lab 2, begitu juga dengan komputer yang ada di ruang BKK. Bahkan dokumen tersebut juga akan muncul di laptop saya yang ada di rumah.  Itulah enaknya, tidak perlu memindah-mindah file.

Kesimpulan


Perubahan adalah hal yang wajar dan akan terus ada. Kita perlu menyesuaikan diri dengan perubahan. Selalu ada kekurangan dan kelebihan. Yang terpenting bagaimana teknologi yang ada dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjadikan kehidupan lebih baik. 

Dengan mengetahui manfaat penggunaan Google Drive di atas setidaknya dapat membuat kita lebih terbuka sehingga bisa move-on dan beradaptasi dengan teknologi yang ada. Tidak ada lagi lupa tidak membawa data yang ada di flashdisk, tidak ada lagi data hilang karena flashdisk rusak dan sebagainya.

Silahkan di share agar tau manfaat menggunakan Google Drive

text share it


Comments


EmoticonEmoticon