Download Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1 - Badrus Sulaiman | Pendidikan, Teknologi Komputer dan Informatika

Jumat, 15 Maret 2019

Download Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1

Berikut ini adalah Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1 dari Direktorat Pembinaan SMK Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Saya menggunakan ini untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain itu, juga terdapat Lembar Kerja Siswa yang digunakan di kelas.


sampul buku bahan ajar simulasi dan komunikasi digital semester 1

Saya membagikan bahan Ajar SIMKOMDIG Semester 1 dalam bentuk PDF melalui Whatsapp dan juga saya salin di masing-masing komputer yang digunakan di Laboratorium SIMKOMDIG.

Selain itu materi Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1 ini juga bisa diunggah di kelas maya Anda. Biasanya saya menggunakan edmodo untuk kelas maya.

Materi SIMKOMDIG Semester 1 ini sudah menggunakan kurikulum 2013 yang sudah direvisi. Jadi buku Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1 ini sudah relevan dengan kurikulum yang berlaku saat berita ini dibuat.

Buku SIMKOMDIG Semester 1 ini bisa juga digunakan sebagai buku paket jaman now, hehe maksudnya kita tidak perlu membawa buku secara fisik kemana-mana. Cukup simpan di Google Drive atau di smartphone, kita bisa membukanya dimana saja, asal ada paket data atau wi-fi dan juga HP-nya. hehe

Cek juga : Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 2


Isi dari Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 1 ini adalah sebagai berikut :
  1. BAB I KONSEP DASAR
    • Konsep Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
    • Mengatasi Masalah
    • Mengomunikasikan Gagasan
    • Kemampuan Berkomunikasi dan Perangkat
    • Rangkuman
  2. BAB II PENGGALIAN IDE
    • Logika dan Algoritma
    • Menggali Ide
    • Peta Minda
  3. BAB III PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL
    • Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Kata
    • Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Angka
    • Pemanfaatan Perangkat Lunak Presentasi
    • Teknik Presentasi
    • Pemformatan Naskah Digital
Sebagai bahan referensi, ketika saya mengajar biasanya di pertemuan awal akan membahas BAB I KONSEP DASAR sekaligus perkenalan. Tidak terlalu panjang cukup 1 pertemuan bagi saya.

Lalu pertemuan kedua langsung masuk ke BAB II tentang PENGGALIAN IDE saya langsung membahas tentang logika dan algoritma, biasanya saya membutuhkan 2x pertemuan.

Untuk tugas biasanya saya memberikan tugas untuk membuat algoritma sesuai dengan kompetensi keahlian dari anak-anak. Misalnya untuk anak Teknik Komputer dan Jaringan saya berikan tugas untuk membuat algoritma merakit komputer.

Mungkin algoritma merakit komputer itu terlalu sederhana, tapi kita bisa menilai algoritma yang sudah dibuat oleh siswa haruslah 1) logis, 2) efektif, 3) efisien, 4) ada awal dan akhir (berhingga), 5) instruksi harus jelas, dan 6) ada batasan ruang lingkupnya.

Berikutnya kita bisa membandingkan beberapa jawaban dari siswa untuk menjadi bahan diskusi berdasarkan sifat-sifat dari algoritma yang baik.

Untuk materi logika biasanya saya berikan soal logika matematika sederhana yang dapat memacu logika siswa. Terkadang juga saya berikan teka-teki yang tidak membosankan seperti riddle yang bisa kita temukan banyak sekali di youtube.

Masuk ke materi peta minda, satu pertemuan sebenarnya cukup untuk penjelasan pembuatan peta minda dan penggalian ide. Biasanya saya berikan tugas membuat peta minda tentang apapun itu, tergantung saat itu yang sedang hits atau yang berhubungan dengan kompetensi keahlian peserta didik.

Biasanya setelah materi peta minda ada UTS. Setelah itu masuk ke BAB III PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL. Saya kira ini sudah umum sekali untuk materi ini. Saya biasa membagi materi seperti berikut :
  • Perangkat Lunak Pengolah Kata (Microsoft Word) 3 pertemuan
  • Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel) 3 pertemuan
  • Perangkat Lunak Presentasi (Microsoft PowerPoint) 3 Pertemuan
  • Pemformatan Naskah Digital (jadi satu dengan materi Microsoft Word)
banner microsoft word

Untuk materi Perangkat Lunak Pengolah Kata (Microsoft Word) saya memberikan tugas untuk membuat surat lamaran pekerjaan dan Curriculum Vitae. Karena untuk anak SMK nanti saat kelas XII akan sangat dibutuhkan kemampuan membuat surat lamaran pekerjaan ini.

Sebenarnya bisa juga yang lainnya, namun saya kira yang paling bermanfaat bagi siswa SMK ya ini. Bagaimana menurut Anda? Mungkin ada ide lain? Kita diskusikan di kolom komentar...

banner microsoft excel

Untuk materi Perangkat Lunak Pengolah Angka (Microsoft Excel) saya memberikan tugas untuk membuat tabel nilai yang di dalamnya terdapat penggunaan formula dasar seperti SUM, MIN, MAX, AVERAGE, dan IF.

Jika waktu masih memungkinkan, juga akan saya jelaskan mengenai penggunaan absolute. Untuk bahan praktek yang paling sederhana dan lengkap bisa membuat tabel penjumlahan atau perkalian seperti di bawah ini.

Contoh praktek absolute di Microsoft Excel
Contoh Penggunaan Absolute

Sebenarnya tabel penjumlahan seperti gambar di atas ini juga terlalu sederhana. Namun karena kita harus bisa membagi waktu untuk membahas perangkat lunak yang lain sehingga saya kira itu sudah cukup. Mungkin ada ide lain untuk praktikum tentang absolute ini? Silahkan tambahkan di kolom komentar...

banner microsoft powerpoint

Berikutnya tentang Perangkat Lunak Presentasi (Microsoft PowerPoint), saya membutuhkan kira-kira tiga kali pertemuan. Biasanya satu pertemuan saya gunakan untuk menjelaskan dan mendemokan fungsi-fungsi menu yang ada di Microsoft Office PowerPoint. Memberikan contoh pembuatan slide presentasi yang baik.

Lalu pertemuan berikutnya peserta didik praktek membuat slide presentasi sendiri. Jika waktu memungkinkan bisa ditunjuk beberapa anak untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya.

Kira-kira itulah penjelasan dari saya mengenai mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital untuk Semester Ganjil.

Mungkin Bapak/Ibu Guru bisa menambahkan atau bisa kita diskusikan materi-materi yang ada di Semester Ganjil ini. Atau jika Anda adalah siswa silahkan bertanya jika ada yang belum bisa dimengerti atau pertanyaan apapun itu yang terkait dengan komputer. Santai aja...

Bagi Anda yang menginginkan bukunya, silahkan :


Bisa juga Anda download melalui tampilan di bawah ini langsung.


Jika bermanfaat, jangan lupa

text share it

5 komentar:

  1. Mungkin untuk jurusan Otkp bisa ditambahkan pembuatan jurnal umum pak (ms excel). Cara bikinnya tabelnya aja, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok siap... tapi dalam masa pandemi ini mungkin pengoperasian akan banyak menggunakan HP

      Hapus
  2. Balasan
    1. https://drive.google.com/file/d/1BsbmmiIW5dPTJZ3pZ1nUipR_N2fwPqsO/view

      Hapus
    2. sudah ada tombol download juga kok Kak "Download disini"
      setelah itu diarahkan ke halaman GDrive, lalu tekan download pojok kanan atas

      Hapus


EmoticonEmoticon